Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown Minggu, 02 Juni 2013

Ekonomi Komodo Untuk Menghadapi Sisik Naga Dari Asia Timur

Menarik untuk disimak, patut untuk dihadapi. Ya, begitulah perang ekonomi di dunia saat ini. Melemahnya kekuatan ekonomi negara besar membuat negara kecil menyusup diantara celah-celah itu. China, sang naga dari Asia Timur mampu menusuk Amerika dan Perancis dari belakang, bagaimana tidak, selagi banyak negara sibuk dengan politiknya, China sudah menguasai pasar Asia secara diam-diam, perlahan namun pasti. China kini telah menjadi penguasa ekonomi dunia! Lihat saja, apapun yang kita beli semuanya hampir bermerek China alias Made In China. Namun Apakah benar, komodo kecil dari Asia Tenggara diramalkan akan menjadi pesaing terberat China di 2040 – 2050 nanti ?
Kenapa tidak, Komodo alias Indonesia seharusnya mampu menjadi pesaing bagi China di 2050 nanti. Lalu kenapa, bangsa Indonesia tidak yakin dengan ini? Seperti yang kita tahu, Indonesia adalah negara termakmur di Asia Tenggara, penuh dengan sumber daya alam yang berlimpah yang menjadikan Indonesia salah satu tujuan wisata terbanyak dan menjadikan Indonesia sebagain kawasan yang sangat eksotis bagi dunia. Apakah perlu diragukan lagi Indonesia akan menjadi pesaing China nanti?
Jika dibandingkan dengan China, tentu saja kita lebih unggul dari mereka. Lihat alam kita, makmur serta kaya akan aneka sumber daya alam berkualitas. Mulai dari rempah yang membuat kita terjajah oleh eropa di puluhan dekade silam. Penjajahan itu sesungguhnya bukanlah kesialan kita semata, namun lihat sisi positifnya, kita sekarang mulai terkenal dengan rempah yang memancanegara! Indonesia menjadi pengekspor yang cukup kuat untuk rempah di seluruh kawasan Asia maupun Eropa. Kemudian lihatlah, areal pertambangan kita. Papua, tempat yang dipenuhi oleh emas, berlian, permata, serta batu mulia lainnya. Apakah China juga memilkinya? Belum tentu iya. Kita menjadi pemilik tambang batuan terbesar kedua di kawasan Asia Tenggara setelah Brunei Darrusalam. Ya jadi berbanggalah kalian menjadi anak Indonesia.
Kita tahu, kita memiliki kawasan yang amat luas. Kita adalah negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa, dan menjadikan Indonesia tempat yang sejuk dan asri. Apa akibat kalau suatu daerah dilintasi oleh garis khatulistiwa? Ya, tentunya daerah itu akan beriklim tropis. Negara tropis identik dengan buah-buahan yang segar. Kita memiliki bermacam jenis buah-buahan yang memancanegara, kenapa? Karena buah daerah tropis itu lebih diminati dibandingkan buah-buahan daerah lainnya. Umumnya buah daerah tropis itu lebih kaya akan serat, lebih banyak airnya, serta lebih manis karena suhu yang mendukung serta kelembapan yang cocok untuk berbagai jenis buah. Indonesia bisa memanfaatkan ini dan menjadikannya sumber penghasilan setelah sektor pertanian.
Sekarang kita lihat di Industri kita, baru-baru ini Danone, salah satu perusahaan terbesar di Perancis telah memutuskan banyak kontrak dikawasan Asia Pasifik, dan hanya fokus kepada 3 negara di Asia, diantaranya China, India, dan Indonesia. Kenapa hanya mereka? Karena diketahui ketiga negara ini akan menjadi negara maju  beberapa tahun mendatang. Perusahaan semen, air mineral, dan beberapa perusahaan besar lainnya, mulai berkembang sedikit demi sedikit. Dengan berkembangnya era industri di Indonesia, itu artinya Indonesia akan mendekati tujuannya, yaitu sebagai negara maju, yang tidak akan bergantung banyak dengan negara lain. Artinya jika negara kita sudah maju, aktivitas melakukan transaksi jual beli dengan negara lain akan lebih mudah, serta kita akan lebih dikenal oleh negara-negara di dunia.
Tak kalah dengan perusahaan makanan dan minuman, perusahaan otomotif seperti Honda, Suzuki, Yamaha, dan perusahaan otomotif Jepang lainnya, kini mulai agresif menjadikan Indonesia sebagai pusat kedudukan terbesar mereka! Tak jauh berbeda, perusaan elektronik Korea yaitu LG dan Samsung mulai merambah luas Indonesia. Diam – diam konsolidasi investasi mulai terjadi oleh perusahaan besar dunia, kenapa? Ya tentunya karena mereka tahu prospek kedepan Indonesia yang akan sangat cerah .
Dan yang terakhir, berbanggalah kalian hidup di Indonesia. Sawah yang begitu subur yang menjulang dari ujung Aceh sampai Papua. Berbanggalah akan hal ini, karena China belum tentu memilki beras senikmat milik kita. Ada pepatah mengatakan “Rumput gue lebih enak dari rumput tetangga” , tidak diragukan lagi bahwa Indonesia akan menjadi pesaing terberat China di era mendatang!
Sudah pasti kita bisa menebak apa yang akan terjadi untuk bumi perthiwi kita. Indonesia akan mencapai kejayaannya apabila semua elemen bangsa ini bekerja keras, serta mereka mampu memaksimalkan pekerjaan mereka. Sebenarnya semua itu akan menjadi kenyataan apabila kita bekerja keras. Guna mencapai tujuan kita itu, bangsa Indonesia harus mulai membangun diri, kita tak perlu terjajah lagi oleh China, kita harus tunjukan bagaimna Indonesia itu, Bagaimana keindahan kita. Semua element bangsa harus bekerja semaksimal mungkin. Semua sektor perekonomian negara harus diperluas serta dipermaksimal! Kenapa? Dengan memaksimalkannya kita mulai bersaing dengan China. Apakah kita akan membiarkan Ekonomi Naga menguasai Asia serta Seluruh Benua? Apakah kita perlu diam untuk menghadapi itu semua? Lalu apa gunanya jika kita memiliki seluruh aset berharga yang akan menjadi senjata ampuh guna melawan ekonomi kuat itu.  Indonesia harus mulai bangkit dan memperkuat dayanya. Bangsa ini tidak boleh lagi hanya terdiam bisu melihat semua perubahan itu terjadi dimata kita! Perlu adanya tindakan agresif untuk melawan ekonomi China di era ini! Sekarang kita sudah menguasai 15% dari keseluruhan ekonomi dunia, 37 tahun lagi, ayo kita kuasai seluruhnya!

Leave a Reply

Apakah sobat mendapat info baru?
Jangan lupa untuk berkomentar dan linkback site ini ya :)

Komentar yang membangun akan sangat berguna bagi Heaven-Spot

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Heaven Spot - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -